Sabtu, 02 November 2013

History of Boyband

    Asal mula boyband dunia adalah ketika pada tahun 60-an ketika The Jackson 5 dan The Osmonds muncul ke permukaan. walau sebenarnya istilah ‘Boyband‘ sendiri belum eksis sampai dengan awal tahin 90-an. tapi band-band vocal ini berjasa dalam memperkenalkan template vocal grup balad dan Stereotip kepribadian yang menjadi ciri khas dari boyband masa kini. ada juga ‘The Beatles‘ yang memiliki ‘sex appeal‘ yang berpengaruh untuk meraih jumlah fans wanita yang banyak ini juga dianggap sebagai asal mula dari keberadaan boyband hingga sekarang.
  Di lanjutkan di tahun 80-an. dibentuklah
New KIds On The Block‘ atau NKOTB di tahun 1984 oleh Mary Alford. Band yang di bentuk di Boston ini berawal dari casting yang diikuti remaja-remaja pria dan pada akhirnya menyisakan Knight bersaudara ( Jordan dan Jonathan ), Joey McIntyre, Donnie Wahlberg, dan Danny Wood. Band yang terkenal dengan single mereka yang bertajuk ‘Step-by-Step‘ ini cukup menyita perhatian khalayak.
Setelah itu mulailah bermunculan boyband-boyband baru. di awal tahun 90-an ‘Take That‘ yang juga cukup menyita perhatian banyak penikmat musik saat itu. band yang dibentuk di Manchester, Inggris ini juga berjasa mengangkat nama Robbie Williams dan Gary Barlow sehingga mereka bisa dikenal hingga saat ini. grup yang bergenre ‘Pop dandce‘ ini mencetak hits-hits yang meledak dan menjuarai tangga lagu. hits-hits seperti ‘Pray‘, ‘Patience‘ dan tentu saja ‘Back for Good‘ perhasil menyabet panghargaan di seperti BRIT Award dan juga mampu mengantarkan mereka memenangi MTV Europe Music Award untuk kategori ‘Best Live Act‘.
Sementara kembali lagi ke Amerika tahun 90-an juga merupakan tahun yang subur buat Boyband-boyband tahun ini juga merupakan salah satu dari masa keemasan boyband di dunia berbagai boyband bermunculan. seperti Boyz II Men, Backstreet Boys, The Moffats (dari Kanada) dan juga N’sync dengan Justin Timberlake-nya yang muncul di medio tahun 90-an. mereka menjamur dan menguasai tangga lagu di berbagai belahan dunia. dance pop dan R&B seperti menemukan masanya untuk merajai musik dunia saat itu.
Tak hanya di Amerika Boyzone dan Westlife dari Irlandia juga muncul sebagai penerus generasi boyband di eropa setelah Take That mulai meredup sinarnya akibat sang pentolan yaitu Robbie Williams memutuskan untuk keluar dari grup dan melanjutkan untuk bersolo-karir. Westlife lah yang menggebrak pada saat itu dengan pejualan album dan juga konser tur mereka ke seluruh dunia yang berhasil mengangkat mereka menjadi boyband tersukses di masanya adalah Simon Cowell yang juga pernah menjadi juri American Idol lah yang berjasa mengangkat dan memperkenalkan Westlife ke seluruh belahan dunia. single-single seperti ‘My Love‘, ‘If I Let You Go‘ dan ‘I have a Dream‘ yang menjadi andalan dalam meraih simpati dunia saat itu.
Di awal tahun 2000-an boyband masih tetap memiliki tempat di hati para penikmat musik. Blue, McFly dan A1 muncul untuk tetap memeriahkan kancah musik dengan mengusung format boyband. yang unik di tahun ini adalah munculnya band yang para pengamat musik menyebutnya dengan ‘The New Form of Boyband‘. tidak seperti kebanyakan boyband, boyband-boyband ini menggunakan alat musik seperti band-band conventional lainnya. band seperti Simple Plan, Good Charlotte dan Tokio Hotel walau mereka membawakan musik yang memiliki esensi punk atau rock. mereka masuk ke dalam kategori ‘The New Boyband‘ ini.
Ternyata arus boyband ini tidak hanya terjadi di Amerika dan Eropa saja. tapi juga mulai menghempas Asia di tahun 2000 an. adalah SM Entertainment yang memperkenalkan DBSK (Tohosinki atau TVXQ) menjadi boyband yang meggebrak tahun 2003 dengan membawakan aliran K-pop. diikuti dengan Super Junior yang menjadi boyband paling terkenal saat ini. selain itu ada juga 2PM, 2AM, Big Bang, SS501, MBLAQ, CN-Blue, SHINee, sampai yang baru di bentuk adalah EXO (EXO-M & EXO-K). hal yang berbeda dari boyband Korea ini adalah selain genre K-pop dengan dance-dance yang mereka bawakan, kehidupan mereka sehari-hari juga diekspos untuk konsumsi fans dengan maksud untuk mendekatkan mereka dengan fans yang tak lain dan tak bukan didominasi kaum hawa. boyband-boyband Korea inilah yang menginspirasi anak-anak negeri kita untuk membuat Boyband dengan konsep K-pop seperti yang kita bisa nikmati saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar